Akselerasi Amatil X Ke Indonesia

JAKARTA (Asatu.id) – Coca-Cola Amatil hari ini secara resmi meluncurkan inisiatif corporate venture capital, Amatil X, di Indonesia untuk membantu proses akselerasi startup local dan membangun kapabilitas kewirausahaan karyawan.

Peluncuran ini menunjukkan peran penting dari Indonesia, khususnya Jakarta sebagai salah satu pusat ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dalam skala investasi dan jumlah startup.

Turut hadir dalam peluncuran Amatil X di Jakarta, Bapak Kadir Gunduz, Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) mengatakan bahwa masuknya Amatil X di Indonesia merupakan sebuah momentum penting bagi perjalanan transformasi Amatil Indonesia

“Sejak awal beroperasi di Indonesia pada tahun 1992, Amatil Indonesia terus berkomitmen untuk menggunakan sistem dan teknologi tercanggih di setiap fasilitas manufaktur kami,” katanya.

Sebagai salah satu perusahaan penjualan, manufaktur, dan distribusi minuman terbesar di Indonesia, Amatil Indonesia telah berinvestasi lebih dari USD 1,6 miliar untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk dalam hal teknologi dan inisiatif pembangunan kapabilitas.

“Dengan mendigitalisasi seluruh proses bisnis dan menyediakan berbagai program pelatihan terkini, kami ingin menjadi salah satu pemain terbaik untuk menggerakan eskosistem digital di Indonesia,” jelas Kadir Gunduz.

“Amatil X bukan hanya tentang produk minuman atau bentuk kemasan terbaru. Amatil X tidak hanya meningkatkan keunggulan kompetitif kami melalui corporate venturing platform, program ini juga akan membantu kami untuk mengidentifikasi dan bekerja sama dengan mitra startup yang tepat untuk bisnis Amatil Indonesia.”

Pada bulan April 2018, Amatil X resmi diluncurkan di Australia dan Selandia Baru. Inisiatif yang dijalankan termasuk investasi dana multi-juta dolar yang telah diberikan kepada dua startup, meliputi: Doshii dan TabSquare.

Amatil X akan mulai mencari mitra startup di Indonesia yang mampu membantu prioritas bisnis Coca-Cola Amatil dalam hal:
• on-demand delivery,
• optimisasi distribusi,
• analisa store, dan
• kemasan yang ramah lingkungan.

Di Indonesia, Amatil X resmi beroperasi di bulan April dengan proyek awal bersama Coca-Cola Amatil Indonesia dan Digitaraya, sebuah penggerak program akselerator yang didukung oleh Google Developers Launchpad, untuk mendukung industri FMCG.

Amatil X Academy

Amatil X juga meresmikan program unggulannya, yaitu Amatil X Academy, sebuah inisiatif internal untuk membangun kapabilitas kewirausahaan yang didukung oleh venture studio & innovation group, BlueChilli.

“Kami tidak hanya fokus terhadap teknologi, tetapi juga dalam mengembangkan kapabilitas karyawan kami,” jelas Kadir Gunduz.

“Untuk menanamkan budaya memecahkan segala tantangan dan mencapai terobosan-terobosan baru, misalnya dengan memperkenalkan Artficial Intelligence dan Virtual Reality bagi teknisi-teknisi kami di lapangan. Hari ini kita semua akan melihat kolaborasi dari konsep-konsep tersebut melalui Amatil X Academy.”

CEO BlueChilli, Sebastien Eckersley-Maslin mengatakan bahwa beliau bangga menjadi bagian dari perluasan kerja sama dengan Coca-Cola Amatil, hingga mencapai wilayah Asia Tenggara di tahun ini.

“Misi kami di BlueChilli adalah membantu orang di mana saja menyelesaikan tantangan terbesar masyarakat dengan teknologi,” ucap Sebastien.

“Sebagai bagian dari kemitraan ini, kami berkomitmen untuk membantu perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Coca-Cola Amatil di seluruh dunia menggunakan metodologi lean start-up, sehingga mereka dapat beradaptasi dalam menghadapi tantangan, berinovasi dengan cepat, dan mensinergikan strategi bisnis untuk masa depan,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *