Latih Motorik Anak, SmartPoint Kembangkan Tutorial Origami 

Foto: Dok ilustrasi SmartPoint Origami

SEMARANG (Asatu.id) – Beberapa kreasi origami (seni melipat kertas) saat ini bisa dipraktikkan dengan panduan dari tutorial SmartPoint melalui channel YouTube. SmartPoint adalah penyedia materi edukasi  yang sederhana dan ringkas, yang saat ini sedang dikembangkan oleh Dreamlight World Media (DWM), Ungaran, Kabupaten Semarang.

Dengan video origami SmartPoint ini, menurut Heru Tanaya, COO (Chief Operating Officer) DWM, anak-anak dapat melatih kreativitas yang berperan pada perkembangan otak kanan.

“Origami ini juga melatih keterampilan motorik halus pada otak kecil mereka selagi mereka melakukan kegiatan pembelajaran yang seru dan mengasyikkan. Video-video origami SmartPoint bisa didapat di channel YouTube SmartPoint TV,” kata Heru Tanaya, Senin (8/4).

Beberapa kreasi origami (seni melipat kertas) bisa langsung dipraktikkan dengan menggunakan kertas khusus origami, antara lain binatang seperti kupu-kupu, kelinci, anjing, katak, tikus, kepiting, kucing, panda, ayam, burung, kura-kura, penguin. Benda seperti kapal, perahu, bunga, rumah, pohon, pesawat, kamera, baju, dan masih banyak lagi,

Origami, dari kata “ori” berarti “lipat”, dan kami yang berarti “kertas” (dalam bahasa Jepang) merupakan sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi.

Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan. Origami dipercayai bermula sejak kertas diperkenalkan pada abad pertama di zaman Tiongkok kuno pada tahun 105 Masehi oleh Ts’ai Lun. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *