Temukan Drainase Tertutup Sampah, Walikota Ajak Warga Jaga Kebersihan

SEMARANG (Asatu.id) – Walikota Semarang Hendrar Prihadi ingatkan dan ajak warganya untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, khususnya menjaga kebersihan saluran drainasi.

Hal ini menyusul dengan adanya drainase yang tidak berfungsi akibat adanya sampah yang menumpuk, di wilayah Kebonagung, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang.

“Sering ada aduan bahwa wilayah ini (Kebonagung –red) sering terjadi genangan air. Setelah saya cek ternyata ada tumpukan sampah yang menyumbat saluran drainase,” katanya, saat melakukan tinjauan dengan berkeliling ke wilayah Kebongagung, Semarang Timur, Kota Semarang.

Hendi sapaan akrab Walikota itu mengungkapkan, setidaknya ada dua permasalahan lingkungan yang terjadi di Kota Semarang. Salah satunya yang membuat setiap kali hujan tiba, suatu wilayah mengalami kebanjiran.

Salah satunya yakni, adanya bangunan berada di atas saluran air, dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan.

“Hari ini saya melihat kecenderungan penyebab masalahnya ada dua, yang pada hari ini kami minta perhatian betul dari masyarakat. Pertama karena adanya beberapa ruko yang menutup saluran air. Kedua karena adanya beberapa saluran penuh dengan sampah,” ungkapnya.

Sementara itu untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang terjadi di wilayah tersebut, Hendi langsung menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang untuk menerjunkan alat berat.

“Kepala Dinas PU akan upayakan alat berat untuk didatangkan, sudah termasuk solar dan operator, saya tinggal di sini untuk 3 minggu harus bersih,” ungkapnya.

Adapun dengan bantuan alat berat untuk membersihkan saluran tersebut, diharapkan sejalan dengan peningkatan kesadaran masyarakat untuk disiplin menjaga kebersihan dan mengelola sampah.

“Kita butuh bantuan dan kesadaran dari masyarakat. Karena sampah yang menutupi saluran – saluran air ini asalnya bukan dari pemerintah, tapi dari masyarakat sendiri,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *