Ombudsman RI Perwakilan Jateng Turunkan Tim Pengawas Pelaksanaan UNBK Tingkat SMA Tahun 2019

Ombudsman RI Perwakilan Jateng Turunkan Tim Pengawas Pelaksanaan UNBK Tingkat SMA Tahun 2019

Plt Kepala Ombudsman Jateng, Sabarudin Hulu (Imboh Prasetyo/asatu.id)

SEMARANG (Asatu.id) – Ombudsman RI sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik setiap tahunnya melakukan pengawasan pelaksanaan UN di seluruh Indonesia.

Terkait dengan agenda tahunan tersebut, Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah terkait pengawasan pelaksanaan UNBK di Jawa Tengah.

Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah Sabarudin Hulu menyampaikan bahwa dalam rangka mencegah terjadinya maladministrasi seperti penyimpangan prosedur pelaksanaan UN 2019, pihaknya menurunkan tim untuk mengawasi pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat guna memastikan bahwa panitia melaksanakan tugas sesuai Pos UN.

“Kami juga membuka Posko Pengaduan UN 2019. Pengawasan kami lakukan sejak tanggal 1 April 2019 s.d berakhir, yang hasilnya akan menjadi evaluasi perbaikan kedepan,” ujar Sabarudin Hulu.

Selama pelaksanaan UN Tingkat SMA sederajat berlangsung, Sabarudin menjelaskan, pihaknya turun ke lapangan di Kabupaten Semarang,  Kota Semarang, Kabupaten Pekalongan, dan Kota Pekalongan untuk memastikan pelaksanaan UN sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan bebas dari tindakan maladministrasi.

Ketua Tim Pengawas Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Achmed Ben Bella (Asisten Ombudsman), mengimbau kepada masyarakat yang menemukan adanya penyimpangan dalam penyelenggaraan UN agar melaporkan ke Pos Pengaduan Pelaksanaan UN ke Call Center 137 atau melalui SMS/WA ke Nomor 0821 3737 3737.

“Atau datang langsung ke Pos Pengaduan Pelaksanaan UN di kantor kami di Jl. SIWALAN No 5 Wonodri Kota Semarang,” jelasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *