Respon Putusan MK, Disdukcapil Kota Semarang Buka Layanan e-KTP pada Hari Libur

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dispendukcapil Kota Semarang, Adi Tri Hananto mengimbau seluruh warga masyarakat Kota Semarang untuk segera mengecek KTP-el yang sudah diserahkan di kelurahan beberapa waktu lalu.

“Selanjutnya, bagi warga yang baru memiliki surat keterangan (surket) ataupun KTP lama, diminta untuk segera meminta KTP-el di Dispendukcapil,” katanya, Jumat (29/3).

Imbauan tersebut menyusul dengan adanya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa KTP-elektronik dan Surat Keterangan (Suket) Pengganti KTP-el sebagai syarat wajib bagi pemilih di Pemilu 2019.

Putusan tersebut diketok pada Kamis (28/3), setelah sebelumnya diajukan permohonan uji materi pada pasal 348 ayat (9) UU 7 Tahun 2017, terkait dengan penggunaan KTP-el sebagai syarat mencoblos.

Lebih lanjut, Adi mengungkapkan dengan putusan tersebut, Dispendukcapil Kota Semarang akan terus memaksimalkan pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el dengan membuka jam pelayanan pada hari Sabtu dan Minggu.

“Pelayanan dilakukan mulai pukul 09.00 sampai dengan 13.30 WIB. Dan untuk layanan informasi dan pengaduan, Dispendukcapil juga menyediakan layanan WA 0856.4160.4903 dan layanan IKON (Informasi KTP Online) melalui akses http://ikon.semarangkota.go.id/,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *