Bawaslu Jateng : Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2019 Cukup Tinggi

SEMARANG (Asatu.id) – Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Tengah, Rofiudin mengatakan partisipasi masyarakat untuk ikut berperan serta dalam pemantauan Pemilu 2019 tergolong cukup tinggi.

Hal ini dapat dilihat pada Pemilu 2014 lalu, tidak ada kelompok yang mendaftarkan diri sebagai pemantau pemilu. Sementara tahun ini, sudah ada 12 pemantau yang mendaftar.

“Kami berharap partisipasi masyarakat terus ditingkatkan secara bersama untuk melakukan proses pengawasan dan pemantauan pemilu di Jateng, karena urusan pemantauan tidak hanya tanggung jawab Bawaslu,” katanya, kemarin.

Lebih lanjut, Rofiudin mengungkapkan, Bawaslu Jateng terus membuka kesempatan kepada masyarakat untuk berperan serta menjadi pemantau pemilu guna mengawasi pesta demokrasi 2019 ini.

“Sejauh ini ada 12 kelompok yang mengajukan diri sebagai pemantau pemilu, enam di antaranya sudah lolos akreditasi dari Bawaslu RI,” ungkapnya.

Enam kelompok tersebut antara lain Lembaga Forum Mahasiswa Batang, Pemuda Katholik Komisariat Surakarta, Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) Semarang, Pengurus Aisiyah Kabupaten Magelang, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jateng, dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jateng.

Sementara untuk enam kelompok lainnya, lanjut Rofiudin, masih dalam proses verifikasi faktual dan pemenuhan terhadap syarat yang masih kurang.

“Sebuah lembaga harus memiliki legalitas,berbadan hukum, dan memiliki sumber dana yang jelas untuk daapat menjadi pemantau pemilu,” ungkapnya.

Adapun koridor pemantauan para pemantau pemilu, kata Rofiudin, sesuai dengan pengajuan masing-masing lembaga kepada Bawaslu. Pemantauan tidak hanya dilakukan saat hari H saja namun pada saar rapat umum, pemasangan iklan, dan hari tenang.

“Pemantauan juga bisa di tempat pemungutan suara (TPS) tapi harus diluar kombong TPS karena lokasi TPS harus steril,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *