Pemkot Semarang Terapkan Tanda Tangan Digital di Setiap OPD

SEMARANG (Asatu.id) – Pemerintah Kota Semarang mengadakan sosialisasi tanda tangan digital di organisasi perangkat daerah (OPD), di Hotel Pandanaran, Kamis (21/3).

Asisten Administrasi dan Umum Sekda Kota Semarang, Masdiana Safitri yang hadir dalam acara tersebut menerangkan saat ini sudah ada lima OPD yang mulai mengaplikasikan layanan tersebut. Dua di antaranya yakni Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Diharapkan nanti semua OPD bisa menggunakan tanda tangan digital. Karena tuntutan di era milenial ini yang mau tidak mau harus kita ikuti yang memudahkan.

Tidak ada kalimat harus nunggu pimpinan, belum ada disposisi dan belum ditandatangani,” ujarnya.

Masdiana mengatakan, dengan tanda tangan digital tersebut diharapkan kinerja OPD bisa meningkat dan maksimal dalam pelayanan publik. Menurutnya, program tersebut nantinya akan dilakukan bertahap di tiap-tiap OPD.

“Selain itu tentunya lebih cepat dan efisien. Kita akan giatkan sosialisasi tentang tanda tangan digital sehingga biar lebih paham dalam pelaksanaan,” ungkapnya.

Dia menegaskan tanda tangan digital tidak bisa dipalsu sehingga lebih aman.

“Lebih aman dan tidak ada kecurangan lebih akurat dan efisien terutama untuk pelayanan publik. Apalagi saat ini harus banyak terjun ke lapangan untuk memantau, sehingga dengan tanda tangan digital bisa membantu dan administrasi tetap jalan,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *