Lawyer Harus Paham Politik dan Berani Bersikap

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua Advokat Bela Keadilan (Abeka) Jawa Tengah Budi Kiatno mengatakan jumlah seluruh advokat yang terdaftar di Abeka saat ini mencapai 150 orang se-Jawa Tengah dari berbagai lembaga atau organisasi.

Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri Deklarasi Advokat 102 Bela Keadilan (Abeka) Dukung Prabowo-Sandi di Hotel Grasia, Kota Semarang, Jumat (15/3).

Budi menuturkan latar belakang deklarasi dukungan berawal dari perdebatan di Central Java Lawyer Club. Saat itu muncul dua kubu advokat yaitu pro capres 01 dan pendukung 02.

“Kemudian kubu 02 berkumpul dan berencana mengadakan forum advokat. kemudian terbentuklah forum Advokat Bela Keadilan (Abeka),” ujarnya.

Budi menjelaskan Abeka punya program jangka panjang dan pendek. Jangka pendek mendukung pasangan nomor 2, ikut membackup BPN Jateng dari sisi hukum.

“Lawyer harus paham politik dan berani bersikap. Namun perbedaan pilihan jangan dijadikan masalah. Kenapa harus berpolitik? Saatnya advokat yang notabene orang pintar harus ikut andil berbicara,” jelasnya.

Sedang jangka panjang, lanjut dia, Abeka punya program pemberdayaan masyarakat konteks hukum. Pihaknya juga siap bermitra dengan pemerintah dalam hal bantuan hukum yang jadi beban.

“Kami bisa juga bersikap kritis pada pemerintah,” jelasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *