Rukma: Perbedaan itu Anugerah, Tugas Kita Mensyukuri

Rukma: Perbedaan itu Anugerah, Tugas Kita MensyukuriSEMARANG (Asatu.id) – Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, meminta semua pihak untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan merawat perbedaannya. Penegasan itu disampaikan Rukma saat berdiskusi dengan tokoh lintas agama di Rumah Makan Kebun Tebu Magelang, baru-baru ini.

Rukma menegaskan, perbedaan merupakan anugerah yang dimiliki Indonesia. Sampai sekarang ini pun perbedaan itu tetap terjaga dan harmonis. Karena itulah, adanya keragaman buah dari perbedaan harus disyukuri untuk saling mengisi dan melengkapi.

Menurut Rukma, semua masyarakat mempunyai tanggung jawab menjaga keutuhan Republik Indonesia di masa mendatang. NKRI dibangun dengan niat bersatu, kebersatuan yang kokoh, integrasi dan demokrasi yang tumbuh subur. Integrasi dan demokrasi harus dipertemukan demi sinergitas keberanekaragaman dan kebangsaan.

“Saya mengajak saudara sekalian untuk mempertahankan budaya saling menghargai, perbedaan merupakan anugerah, jangan karena perbedaan kita menjadi terkotak-kotak,” pesan legislator PDI Perjuangan itu.

Doktor di bidang administrasi publik itu menekankan agar masyarakat Jawa Tengah untuk lebih meningkatkan kebiasaan saling menghormati, menghargai antarumat beragama dan gotong royong. Kesemua itu merupakan budaya ketimuran, budaya Indonesia yang harus dipertahankan ke setiap generasi.

Untuk itu, bangsa ini seharusnya tidak mudah terpecah belah hanya karena kepentingan sesaat saja seperti Pilpres atau Pileg.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Tauhid Muslimah berkata:

    Justru dari perbedaan Indonesia kuat

  2. EtenaBulai berkata:

    dan harus dijaga dengan sebaik bainya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *