Rakor Kwarnas Pramuka Bahas Forum Koordinasi Wilayah

Rakor Kwarnas Pramuka Bahas Forum Koordinasi WilayahSEMARANG (Asatu.id) – Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah, Yoki Agung Suparyoko, berharap forum koordinasi wilayah kembali dibangkitkan.

Menurut Yoki Agung, forum koordinasi wilayah yang dibangun kwartir nasional kemudian diselenggarakan regional itu akan menambah frekuensi kegiatan pramuka, sehingga jangkauan peserta kegiatan lebih luas.

Harapan Yoki Agung Suparyoko, disampaikan pada Rapat Koordinator Wilayah Gerakan Pramuka Kwartir Nasional di Semarang, Kamis (8/2).

Rakorwil dipimpin Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono, yang sekaligus sebagai Andalan Nasional Koordinator Wilayah (Anas Korwil) II. Hadir sejumlah Andalan Nasional Koordinator Wilayah, antara lain Anas Korwil I dan IV.

Yoki Agung juga menambahkan, yang perlu menjadi perhatian mengenai keberadaan Korwil yang merupakan kepanjangan dari Kwarnas ini, nantinya diharapkan Korwil mengkoordinasikan dengan Kwarda-Kwarda, melibatkan secara aktif peran dan fungsi Korwil dalam pelaksanaan kegiatan di daerah regional maupun nasional.

Sejalan dengan harapan Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah itu, hasil diskusi beberapa Korwil dalam Rakorwil tersebut juga menghasilkan sejumlah rumusan yang pada intinya sama.

Yaitu keberadaan Korwil yang merupakan kepanjangan dari Kwarnas, diharapkan mengkoordinasikan dengan Kwarda yang ada di masing-masing wilayah.

Menurut Sekda Sri Puryono, perlu adanya kejelasan peran dan fungsi Korwil oleh Kwarnas, di samping tentu saja sarana pendukung.

“Untuk melaksanakan operasional, Korwil perlu dukungan fasilitasi anggaran dan staf khusus sebagai penghubung antar-Korwil, Kwarnas, dan Kwarda,” kata Andalan Nasional Koordinator Wilayah (Anas Korwil) II itu.(IS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *