Anggota Yonif Raider 408/Sbh Ajarkan Berhitung dengan Jarimatika

SEMARANG (Asatu.id) – Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap paling sulit dan menakutkan. Namun oleh anggota Satgas Pamtas RI-RDTL dari Yonif Raider 408/Suhbrasta Kodam IV/Diponegoro, pelajaran matematika yang sulit dan menakutkan dikemas menjadi pelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Hal tersebut dilakukan Serda Joko dengan metode “Jarimatika”-nya, membuat anak-anak usia SD di sekitar Pos Turiscain menjadi lebih bersemangat dan merasa gembira mempelajari matematika.

Kamis sore merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian anak-anak di sekitar Pos Turiscain. Lebih kurang 20 anak kelas 4 dan 5 SD Turiscain berkumpul di Pos Turiscain menanti sang guru untuk belajar jarimatika. Melihat semangat dan senyum gembira anak-anak yang telah menunggu, Serda Joko dengan penuh keramahan mengajarkan jarimatika.

“Saya melihat anak-anak Desa Maumutin rata-rata kesulitan dalam berhitung, oleh karena itu kami merasa perlu untuk membantunya. Dengan metode jarimatika ini diharapkan dapat untuk memudahkan dalam mempelajari matematika khususnya dalam menjumlah, mengurangi, mengalikan maupun dalam membagi bilangan dengan cukup satu tangan,” ujar Serda Joko.

Abitomau salah satu anak yang duduk di kelas 4 SD Turiscain mengatakan dengan belajar jarimatika pelajaran perkalian jadi lebih mudah.  “Kami dan teman-teman sangat senang belajar jarimatika,” ungkapnya.

Kegiatan belajar ini telah mejadi agenda rutin Pos Turiscain untuk memberikan pelajaran tambahan pada anak-anak diperbatasan. Bukan hanya pelajaran matematika saja, tetapi semua mata pelajaran. Bahkan pendidikan anak-anak usia dini pun tidak terlepas perhatian anggota Satgas dengan materi belajar membaca.

“Semua kami lakukan untuk menggugah semangat dan untuk memacu anak-anak di perbatasan ini untuk dapat berprestasi,” pungkas Serda Joko. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *