Dewan Ingatkan KPU Selektif Pilih Petugas KPPS

Dewan Ingatkan KPU Selektif Pilih Petugas KPPSSEMARANG (Asatu.id) – Kinerja KPU daerah terkait tahapan Pemilu 2019 terus dipantau Komisi A DPRD Jateng. Belum lama ini, komisi yang membidangi politik dan pemerintahan itu berkunjung dan memantau kesiapan KPU  Demak.

Ada beberapa sorotan dari DPRD kepada KPU. Anggota Komisi A, Mugiyono, menyebutkan salah satunya masalah perekrutan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang akan dimulai. Sorotan lain adalah masalah logistik pemilu.

“Dengan waktu perekrutan yang cukup singkat, diharap KPU bekerja secara profesional dan benar-benar mencermati perekrutan itu dengan baik,” kata Mugiyono.

Perekrutan sumber daya manusia KPPS, lanjut dia, harus benar-benar dicermati khususnya bagian administrasi agar petugas yang dipilih benar-benar yang tahu akan tugasnya.

Mugiyono mengusulkan perlu diadakan bimbingan teknik (bintek), supaya petugas yang terpilih bisa melaksanakan tugas dalam penghitungan suara bisa dilakukan dengan benar dan sesuai aturan.

Menjawab hal tersebut, Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi mengatakan, pihaknya mulai membuka lowongan KPPS pada 17 Februari sampai 10 April.

“Kami terus berupaya untuk sebaik mungkin merekrut petugas-petugas yang benar-benar independen,” ujarnya.

Di Demak ada 70 PPK, 747 PPS, 25.305 KPPS dam 7.230 petugas linmas. dengan jumlah yang tidak sedikit, para petugas yang terpilih nantinya diharapkan bisa bekerja sesuai dengan visi KPU Demak, yakni jujur, tidak curang, damai dan menghargai perbedaan.

Dengan lima dapil dan 877.343 pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Demak, Bambang berharap badan penyelenggara yang nanti dihasilkan akan berintegritas sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas.

Mengenai logistik pemilu, saat ini sudah ada 18.229 kotak suara, 7.230 tinta, 376.539 segel dan 4.374 bilik suara. Ada kekurangan 27 buah bilik suara dari yang dibutuhkan oleh KPU Demak sejumlah 4.401 buah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *