Hindari Keragu-raguan, Prajurit Surya Kusuma Dibekali Buku RoE Pengamanan Pemilu 2019

SEMARANG (Asatu.id) – Usai mengikuti kegiatan apel pagi, Prajurit Yonif 405/Surya Kusuma dibekali buku saku yang berisi aturan pelibatan/Rule of Engagement (RoE) pada pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Apel Kompi Markas Yonif 405/SK, Rabu (6/2).

Pembagian buku diawali dengan penyampaian oleh Komandan Kompi Markas (Dankima) Kapten Inf Bambang Sulistio yang membacakan dan menjelaskan isi buku yang terkandung dalam aturan pelibatan/Rule of Engagement (RoE) dalam pengamanan Pemilu 2019.

Adapun isi dari buku tersebut, di antaranya ketentuan umum, ketentuan netralitas, petunjuk kerja sebelum pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, setelah pemungutan suara, tindakan terhadap pelaku kriminal selama pemilu, prinsip penggunaan kekerasan, ketentuan penggunaan munisi tajam, tata cara membela diri, penangkapan, penahanan dan penyitaan serta penanggung jawab pengamanan dalam pemilu.

Usai membacakan dan menjelaskan isi buku saku aturan pelibatan/Rule of Engagement (RoE) dalam pengamanan Pemilu 2019, masing-masing prajurit dibagikan buku saku sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengamanan pemilu.

“Dari buku ini sudah jelas siapa berbuat apa dalam pengamanan Pemilu 2019 nanti. Pedomani dan pegang teguh ketentuan yang ada agar tidak terjadi keragu-raguan dalam menjalankan tugas dan tidak terjebak dalam pelanggaran yang dapat merugikan diri kita dan satuan,” pesan Danki. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *