2019, Disporapar Targetkan 1,2 Juta Wisman Kunjungi Jateng

2019, Disporapar Targetkan 1,2 Juta Wisman Kunjungi JatengSEMARANG (Asatu.id) – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, menargetkan pada 2019 ada 1,2 juta wisatawan asing yang datang ke provinsi ini. Sementara untuk wisatawan lokal, ditargetkan sebanyak 40 juta lebih.

Untuk menunjang target itu, Disporapar Jateng juga terus berbenah dan menyiapkan sejumlah event. Sebab banyaknya jumlah pengunjung tidak hanya ditentukan dari kualitas tempat pariwisatanya, tetapi juga banyaknya gelaran event.

“Kami optimistis target itu akan tercapai. Kami sudah siapkan sejumlah event, baik dari Kabupaten/Kota, Pemprov Jateng dan event nasional,” kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Sinung N Rachmadi, Senin (4/2).

Menyinggung soal penurunan Wisman di tahun 2018 sebanyak 13,37 persen dibanding tahun 2017, Sinung mengatakan jika hal itu disebabkan beberapa faktor.

Pertama, kata Sinung, karena pada Februari 2018 Bandara Adi Soemarmo Solo tidak melayani penerbangan internasional lagi. Selain itu, banyaknya event internasional di Jogjakarta yang tidak digelar pada 2018 juga berdampak ke Jateng.

Faktot lain Sinung menyebut peristiwa bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah, yang secara langsung juga berdampak pada niat wisatawan mengunjungi Indonesia. Ada juga faktor revitalisasi tempat wisata yang masih berlangsung.

“Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia juga cukup berpengaruh. Lalu ada revitalisasi di Kota Lama di Semarang yang belum selesai juga memberikan dampak signifikan, mengingat Kota Lama memiliki daya tarik cukup besar,” tutur Sinung.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *