Ciptakan Lingkungan Ramah Lansia dan Anak Jadi PR Bersama

SEMARANG (Asatu.id) – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maemoen, melakukan kunjungan ke Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Pangrukti Mulyo, Kabupaten Rembang, baru-baru ini. Di tempat itu, Gus Yasin, panggilan akrab wagub, melakukan dialog dengan beberapa penghuni panti.

“Sudah 10 tahun saya di sini. Saya ingin pulang ke Pilang, Sragen. Bisa bekerja lagi, bertemu keluarga lagi…” tutur Dewi Sulasih (52), salah satu penerima manfaat ketika ditanya Gus Yasin.

Di panti itu, Gus Yasin juga melihat aktivitas 119 orang penerima manfaat yang tengah membatik, membuat keset, kemoceng, maupun yang sedang memandang kosong taman yang ada di kamar mereka.

Wagub Gus Yasin juga melakukan kunjungan ke Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Turusgede, Rembang. Gus Yasin berbincang dengan Painah yang mengeluhkan sakit katarak. “Mata saya katarak Pak Wagub, tidak bisa melihat jelas,” kata Painah.

Gus Yasin pun meminta agar Painah tidak boleh merasa susah, dan optimistis sehat. Karena, di panti itu, banyak saudara yang seumuran dengannya.

Teng mriki kudu sehat, kathah rencange, kathah sedulure (di sini harus sehat, banyak temannya, banyak saudara),” pesan Gus Yasin.

Kepala Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Turusgede, Endang Mustokorini menjelaskan, di panti yang ia kelola ada 22 orang laki-laki dan 20 orang wanita penerima manfaat yang lansia. Selain itu, juga ada penerima manfaat berusia pelajar sebanyak 20 anak.

“Kendala kami, air dari PDAM tidak mengalir. Tetapi ada solusi, ada bantuan dari provinsi pembuatan sumur untuk tahun anggaran 2019. Terima kasih Pak Wagub,” ujarnya

Gus Yasin pun berharap, panti atau rumah singgah seperti yang ia kunjungi, berapapun jumlah dan bangunannya jika difasilitasi, akan selesai persoalannya.

“Kita harus bersama-sama menciptakan lingkungan yang ramah lansia, daerah ramah lansia, ramah anak, sehingga tidak lagi ada yang terlantar. Kalau sudah ditangani, diberdayakan, semua bisa sejahtera. Ini PR kita bersama,” tuturnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *