500 Pesilat Bertanding di Kejurnas PSHP 2019

500 Pesilat Bertanding di Kejurnas PSHP 2019SEMARANG (Asatu.id) – Persaudaraan Setia Hati Pilangbangk (PSHP) menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) silat yang diikuti oleh 500 pesilat dari 30 perguruan silat PSHP di Indonesia.

Kejurnas tersebut merupakan yang pertama kali digelar oleh PSHP bertempat di halaman PT Opsico Semarang, Sabtu (26/1).

Ketua Panitia Kejuaraan Ali Mahmudi mengatakan, kejuaraan nasional ini kali pertama digelar sejak diakui oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada 2013. Dalam kejurnas tersebut mempertandingkan tiga kategori yakni SD, SMP,  dan pendekar dengan nomor laga dan seni.

“Ini pertama kali kita gelar. Harapannya PSHP makin berkembang di seluruh Indonesia dan khususnya di Jawa Tengah,” katanya, Sabtu (26/1).

Lebih lanjut, Ali mengungkapkan, 500 pesilat sendiri berasal dari beberapa wilayah yakni dari Jawa Tengah, Deli Serdang, Jakarta, Surabaya, dan Bekasi.

”Kejuaraan ini sebagai upaya kami untuk mengetahui sejauh mana perkembangan silat di naungan PSHP ini. Dengan demikian, pelatih dan perguruan bisa mengevaluasi segala kekurangan dan segera melakukan pembenahan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PSHP Bambang Dwi Tunggal mengatakan, kejurnas tersebut merupakan wadah silaturahmi untuk semua perguruan PSHP yang ada di Indonesia.

“Sekaligus melalui kejurnas ini, kita akan melakukan evalusi untuk kemajuan perguruan. Sehingga akan ada koreksi antar perguruan,” katanya.

Menurutnya, saat ini sduah ada 30 cabang perguruan PSHP di Indonesia, dan dua komisarian yakni di Australia dan Belanda. Untuk kedepan kegiatan ini akan menjadi kegiatan atau Kejurnas rutin tiap dua tahun.

“Ini akan menjadi ajang evaluasi demi prestasi. setidaknya kejuaraan ini digelar tiap dua tahun,” ungkapnya.

Ketua IPSI Kota Semarang Joko Santoso mengapresiasi kejurnas yang digelar oleh PSHP ini. Dengan kegiatan level nasional ini sangat bagus bagi atlet silat dari PSHP Kota Semarang.

“Diharapkan nantinya, PSHP berkontribusi besar bagi Ibu Kota Jateng di berbagai kejuaraan,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *