Temuan 706 Pemilih Tidak Memenuhi Syarat, KPU akan Tindaklanjuti

SEMARANG (Asatu.id) – Rekomendasi 706 pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang mendapat tanggapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom mengungkapkan, pihaknya akan segera mencermati dan menindaklanjuti jika temuan tersebut sesuai dengan data di lapangan.

“KPU Kota Semarang sendiri sebenarnya telah mendata pemilih yang berstatus meninggal dunia dan telah memprosesnya menjadi TMS,” katanya.

Dia menjelaskan, KPU Kota Semarang akan terus melakukan pemeliharaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan pada DPTHP2 pada 13 Desember lalu hingga hari H pemungutan.

“PPS akan mencoret pemilih yang TMS dari DPT. Pemilih TMS diantaranya meliputi meninggal dan pindah domisili. Pemilih tersebut saat hari H tidak akan mendapatkan C6,” terangnya.

Terkait dengan itu, sebelumnya, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Semarang Nining Susanti menyebutkan pemilih TMS tersebut diantaranya 431 pemilih meninggal dunia, 217 pemilih pindah domisili secara administratif, 42 pemilih ganda, 14 pemilih tidak dikenal atau bukan penduduk setempat, dan 2 pemilih dibawah umur.

Rekomendasi tersebut berdasarkan pengawasan dan pencermatan jajaran Bawaslu di 16 kecamatan pasca penetapan penyempurnaan Daftar Pemilih Tetep Hasil perbaikan (DPTHP) bulan Desember 2018.

“Semua rekomendasi disertai by name by addres,” jelas Nining, Jumat (25/1).

Nining menjelaskan, Bawaslu meminta KPU untuk melakukan kroscek data yang dimaksud. Selain itu, Bawaslu juga meminta untuk mengendalikan distribusi undangan memilih (C6) pemilih TMS ini agar berhenti di tingkat panitia pemungutan suara (PPS) saja.

“Selain pemilih TMS, Bawaslu Kota Semarang juga merekomendasikan 37 pemilih potensi daftar pemilih khuaus (DPK) atau pengguna E-KTP di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 25 pemilih invalid kartu keluarga (KK) dan tanggal lahir untuk diperbaiki,” tandasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *