Dishub Pasang Traffic Light di Persimpangan Madukuro – Jalan Jendral Sudirman

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang berlakukan traffic light (lampu bangjo) di persimpangan Madukoro – Jalan Jendral Sudirman. Pemasangan traffic light tersebut berdasarkan kajian dari Dinas Perhubungan terkait peningkatan arus lalu-lintas di daerah tersebut.

Titik pemasangan traffic light sendiri diletakkan di Jalan Jenderal Sudirman menuju ke Jalan Madukoro dan Tugumuda, atau sisi timur Taman Madukoro. Satu traffic light lainnya berada di Jalan Sudirman arah menuju Kalibanteng sebelum Taman Madukoro, atau sebelah barat jalan.

Kabid Pengendalian dan Operasional pada Dinas Perhubungan Kota Semarang, Danang Kurniawan mengatakan, pemasangan traffic light tersebut bertujuan untuk mengurang kesemrawutan dan kemacetan arus lalu-lintas.

“Arus dari Tugu melewati Jalan Mgr Sugiyopranoto hendak menuju Bandara Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani mengalami peningkatan volume pengendaran,” katanya, proses uji coba traffic light, Rabu (23/1).

Lebih lanjut, Danang mengungkapkan, untuk U-Turn di utara Taman Madukoro akan ditutup dan pengendara dapat melintas melewati persimpangan traffic light tersebut.

“Keberadaan U-Turn di sebelah utara Taman Madukoro dianggap tidak efektif lagi. Pengendara yang melakukan persilangan dari Jalan Bojong Salaman, seringkali mengganggu arus dari arah Tugu Muda maupun Kali Banteng. Seringkali menimbulkan ketersendatan dan dikhawatirkan terjadi laka lantas,” ungkapnya.

Selain itu, pemasangan traffic barrier (barikade) dan traffic cone (kerucut lalu-lintas) di sekitar U-Turn Taman Madukoro seringkali tidak diindahkan. Justru banyak pengendara yang menerabasnya dengan membongkar atau menggulingkan dua perangkat pengaturan lalu-lintas tersebut.

“Akses ini hanya diperbolehkan bagi pengendara yang hendak menuju Jalan Madukoro, bandara serta U-Turn ke arah Tugu Muda. Sementara dari arah Madukoro atau Kali Banteng tetap harus memutar melewati Tugu Adipura jika hendak menuju Jalan Pusponjolo,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *