Komisi D DPRD Jateng Kunjungi Perumahan Berbasis Komunitas di Kendal

Komisi D DPRD Jateng Kunjungi Perumahan Berbasis Komunitas di KendalSEMARANG (Asatu.id) – ​Komisi D DPRD Jateng, beberapa hari lalu melakukan kunjungan kerja ke lokasi pembangunan perumahan swadaya milik Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) yang berlokasi di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kendal. Untuk sekarang ini baru ada 58 unit rumah yang baru terbangun.

Para wakil rakyat sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal yang mampu bersinergi dengan sejumlah komunitas hingga bisa merealisasikan program bantuan stimulan perumahan swadaya milik Kementerian PUPR tersebut.

Tunjungan kunjungan ke lokasi perumahan untuk mendapatkan bahan masukan dalam penyusunan Raperda Rencana Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Permukiman (RP3KP) Provinsi Jawa Tengah. Dipilihnya lokasi tersebut, karena masuk program pemerintah pusat berupa pembangunan permukiman berbasis komunitas.

Wakil Ketua Komisi D Hadi Santoso mengutarakan, program tersebut perlu ditiru oleh semua daerah. Dengan uang muka Rp 2 juta dang angsuran Rp 500 ribu per bulan selama 10 tahun bisa mendapatkan rumah sederhana dengan luas nanah 84 m2, daya listrik 450 Kwh, dan PDAM.

“Kalau serius daerah bisa melakukan hal ini. Masih ada 500 ribuan masyarakat di Jateng yang tidak punya tanah dan rumah. Masalah ini bisa masuk pada pembahasan draf Raperda Rencana Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Permukiman (RP3KP) Provinsi Jawa Tengah,” ucapnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kendal, M Noor Fauzie menjelaskan, perumahan ini berbasis komunitas dari guru tidak tetap (GTT) dan sebagian pekerja non formal. Berawal dari 2018 ada program dari Kementerian PUPR, selanjutnya Pemkab Kendal mengarahkan sejumlah komunitas GTT untuk mencari lahan.

Kemudian, setelah mendapatkan lahan, melalui BTN bisa dilakukan akad kerja sama. Segala pembiayaan pengadaan rumah ditanggung bank.

“Setelah semua setuju, barulah pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR yang membangunkan rumah-rumah tersebut,” ucap Noor.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *