Selama 3,5 Bulan Bawaslu di Jateng Awasi 2.418 Kampanye

Selama 3,5 Bulan Bawaslu di Jateng Awasi 2.418 KampanyeSEMARANG (Asatu.id) – Sejak September 2018 hingga akhir Desember 2018, jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah, telah melakukan pengawasan sebanyak 2.418 kampanye.

Selama 3,5 bulan itu, baik Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Bawaslu kabupaten/kota, Panwas Kecamatan turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan kegiatan-kegiatan kampanye yang dilakukan para peserta pemilu.

Hal itu disampaikan Koordinator Divisi Pengawasan pada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jateng, Anik Solihatun, di Kantor Bawaslu Jateng, Jalan Papandayan Semarang, terkait laporan kinerja Bawaslu Jateng 2018 dalam mengawal Pemilu 2019, Senin (7/1).

Anik juga merinci ribuan pengawasan yang dilakukan jajarannya, yakni pengawasan kampanye pertemuan terbatas sebanyak 1.359, kampanye pertemuan tatap muka 768, dan kampanye pertemuan kegiatan lain 291.

“Bawaslu Jawa Tengah memperkirakan, kegiatan pengawasan yang dilakukan jajarannya lebih dari itu. Sebab, data pengawasan yang dimasukan itu hanyalah pengawasan di kegiatan kampanye yang mengantongi izin kampanye,” tuturnya.

Padahal, lanjut Anik, jajaran Bawaslu di Jawa Tengah juga melakukan pengawasan kegiatan-kegiatan peserta pemilu yang lain, yang bukan kegiatan kampanye.

“Misalnya, kegiatan seorang calon kepala daerah, terkadang juga harus diawasi oleh Bawaslu guna mencegah terjadinya pelanggaran dalam kegiatan tersebut,” tambahnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *