Tol Trans Jawa Tersambung Semua, Cuma Tarifnya Belum Ditetapkan

Tol Trans Jawa Tersambung Semua, Cuma Tarifnya Belum DitetapkanSEMARANG (Asatu.id) –  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono membeberkan saat ini pihaknya masih mendiskusikan terkait pemberlakuan besarnya tarif untuk masuk dan melintasi tujuh segmen ruas tol Trans Jawa, Senin (7/1).
“Tol Trans Jawa sudah tersambung semua, cuma tarifnya belum ditetapkan. Masih didiskusikan oleh para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT),” bebernya.
Ketujuh segmen ruas tol Trans Jawa tersebut antara lain ruas Pemalang-Batang segmen Pemalang IC-Pasekaran, Batang-Semarang segmen Pasekaran-SS Krapyak, Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura di Jawa Tengah.
Selain itu juga ruas Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono, Jombang-Mojokerto segmen Kertosono-Bandar, Gempol-Pasuruan segmen Pasuruan-Grati, serta Surabaya-Gempol segmen Porong-Kejapanan di Jawa Timur.
Basuki menyatakan langkah diskusi ini ditempuh lantaran pihaknya menginginkan agar bisa terintegrasi antar masing-masing BUJT. Menurutnya tak ada kendala apapun selama menggodok besaran tarif tol ini.
“Saya inginnya terintegrasi, karena kan banyak BUJT. Ada Jasamarga, Astra, TMJ Jateng dan swasta lainnya. Jadi mereka harus kumpul untuk mendiskusikan. Karena kalau ditambahkan semua akan lebih mahal,” jelasnya.
Basuki juga memastikan bahwa tetap akan ada batasan dalam penentuan tarif ini. Yakni tak boleh melebihi seribu rupiah per kilometernya.
“Mereka setuju, tapi masih didiskusikan,” pungkasnya.
Di sisi lain, Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto membenarkan jika kepastian untuk dioperasionalkan secara resmi, termasuk tarif masih dibahas. Intinya, dari pihaknya juga ingin segera bisa diputuskam.
“Kalau kami maunya ya secepatnya,” tandasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *