Kawal Pemilu Kita akan Awasi Ketat Pilpres dan Pileg 2019

SEMARANG (Asatu.id) – Tim pemantau pemilu Kawal Pemilu Kita (KPK) Jawa Tengah akan melakukan pengawalan terhadap penyelenggaraan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) 2019.

Koordinator KPK Jateng, Syaifuddin Anwar mengatakan keanggotaan KPK terdiri atas unsur kepemudaan dan kemahasiswaan yang tersebar di seluruh daerah di Jateng.

“KPK merupakan perkumpulan independen yang bergerak dalam bidang pemantauan, advokasi, pendidikan, dan pelatihan terkait demokrasi serta kepemiluan,” katanya, Minggu (6/1).

KPK berharap, kualitas demokrasi dan situasi di Jateng dapat terjaga dengan baik serta tetap kondusif. Selain itu, sebut dia, Jawa Tengah tergolong daerah rawan pelanggaran Pemilu. Baik yang dilakukan kepala daerah, ASN, maupun penyelenggara pemilu. Tugas utama KPK, mengawasi seluruh kampanye dan penyelenggaraannya, di berbagai daerah di Jateng.

“KPK tergerak menjadi tim pemantau, salah satunya dilatarbelakangi adanya indikasi tingkat kecurangan yang cukup tinggi dalam penyelenggaraan Pemilu. Saat ini, keanggotaan KPK ada 70 orang, tersebar di 35 kabupaten/kota,” katanya.

Anwar mengungkapkan, pihaknya akan memantau agenda-agenda kampanye capres dan kepala daerah yang terlibat di dalamnya. Selama ini kepala daerah dan ASN diperbolehkan terlibat berkampanye, asalkan tidak menggunakan fasilitas negara.

“Seluruh pemantauan dan pengawasannya akan dikoordinasikan dengan tim Bawaslu Jateng,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *