Pembuatan Embung di Daerah Atas Baru Terealisasi Tahun 2020

Pembuatan Embung di Daerah Atas Baru Terealisasi Tahun 2020 SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengatakan, pembuatan embung di wilayah Meteseh dan Tembalang baru dapat dikerjakan pada tahun 2020 mendatang.
“Untuk pembangunan akan dimulai pada 2020. Sebab pada 2019 ini belum dianggarkan untuk pembangunan tiga embung tersebut,” Katanya, Kamis (27/12).
Lebih lanjut Iswar menjelaskan, pembuatan embung tersebut sebagai langkah antisipasi banjir yang terjadi di daerah atas.
“Tiga embung di daerah atas berfungsi sebagai area tangkapan air. Detail engineering design (DED) sudah jadi,” katanya.
Dia mencontohkan saat ini pembangunan embung di daerah Mijen sudah rampung. Embung tersebut memiliki daya tampung sekitar 43.000 meter kubik.
“Nantinya embung tidak hanya berfungsi sebagai penahan air atau banjir. Namun bisa juga kan menjadi sumber air baku,” imbuhnya.
Sementara Camat Tembalang, Heru Sukandar mengatakan, drainase biasa sudah tidak memungkinkan menahan air yang debitnya sangat tinggi. Solusi jangka pendek adalah melakukan normalisasi drainase, namun tetap dibutuhkan solusi jangka panjang seperti pembangunan embung.
“Kami akan menginventarisir beberapa aset tanah milik Pemkot untuk diusulkan jadi embung. Kebutuhannya memang sangat mendesak karena banjir di daerah atas ini cukup sering apalagi jika hujan lebat,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *