Esensi Natal Tak Hanya Kemeriahan Semata

Esensi Natal Tak Hanya Kemeriahan SemataSEMARANG (Asatu.id) – Esensi Natal tidak hanya kemeriahan semata, tapi lebih pada berbagi kasih terhadap sesama. Masa Natal merupakan masa sukacita yang penuh kedamaian.

Pernyataan itu dilontarkan Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi, saat menjadi narasumber utama acara Wedangan TVRI di Studio I Stasiun TVRI Jateng di Pucang Gading, Rabu (26/12) petang.

Selain Rukma, dialog yang mengambil tema ‘Natal yang Penuh Keberagaman’ itu juga menghadirkan narasumber lain, yaitu Cendekia Utama sekaligus Pendeta Sonny Zaluchu, dan Pengamat Budaya Amirudin.

Menurut Rukma, pemerintah kini telah melakukan tindakan pengamanan selama umat merayakan Natal. Tidak hanya soal pengamanan, kelancaran lalu lintas menjelang akhir tahun juga mendapat perhatian serius. Terkait itu, Rukma berharap suasana Natal pun bisa dilewati dengan aman.

“Kami berharap Natal pada tahun ini tetap kondusif sehingga tidak ada gangguan keamanan. Hal itu telah dibahas dalam rapat koordinasi dengan Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Jateng,” ujar Rukma.

Dalam kesempatan itu juga disinggung mengenai mahalnya sembako menjelang Natal. Rukma mengakui kondisi itu seringkali terjadi karena tingginya permintaan konsumen.

“Meski begitu, diharapkan kenaikan harga masih wajar sehingga tidak memberatkan masyarakat,” tambah politisi PDI Perjuangan itu.

Sementara Pendeta Sonny Zaluchu berharap, masyarakat bisa saling berbagi dalam semangat Natal dengan menyadari adanya keberagaman di negeri ini. Masyarakat yang merayakan pun bisa bersuka cinta dengan tetap peduli pada sesama.

Dan soal keberagaman, diakui pengamat Amirudin bahwa Indonesia memiliki banyak budaya dan tradisi sehingga memengaruhi perilaku masyarakat. Untuk itu, diperlukan sikap toleransi di tengah keberagaman di dalam masyarakat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *