KPU : Penurunan APK oleh Satpol PP Tidak Benar

KPU : Penurunan APK oleh Satpol PP Tidak BenarSEMARANG (Asatu.id) – Ketua KPU Kota Semarang, Cassandra Gultom mengaku belum mendapat laporan terkait dengan adanya kabar penurunan Alat Peraga Kampanye (APK) oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang.

Hal ini menyusul terkait dengan adanya pemberitaan pesan berantai yang mengatakan bahwa Satpol PP Kota Semarang melakukan aksi sporadis penurunan APK salah satu pasangan calon presiden.

“Sampai hari ini kami tidak menerima laporan apapun terkait adanya penurunan dengan paksa oleh Satpol PP terhadap APK pasangan calon presiden nomer tertentu,” katanya, Jumat (21/10).

Jika benar adanya penurunan APK tersebut, Lanjut Nanda, pasti Satpol PP akan berkoordinasi dengan KPU Kota Semarang. Hal ini sesuai dengan regulasi yang ada.

“Secara regulasi, Satpol PP tidak mungkin melakukan penurunan APK tanpa sepengetahuan dan pendampingan baik dari Bawaslu ataupun dari KPU,” ungkapnya.

Menurutnya, setiap hendak dilakukan penertiban APK, Bawaslu Kota Semarang akan berkoordinasi dengan KPU Kota Semarang. Selain itu juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini Pemkot Semarang untuk melakukan penertiban APK.

“Namun sekalilagi kami yakin jika Bawaslu tidak akan mengintruksikan untuk melakukan sesuatu hal (penurunan APK), tanpa memberitahu kami juga. Tentunya dari Satpol PP juga tidak mungkin melakukan penurunan tanpa adanya pendampingan dari Bawaslu Kota Semarang,” tandasnya.

Sementara, Nanda juga mengungkapkan, semakin mendekati pesta politik tahun 2019, saat ini banyat tersebar isu-isu tententu yang sengaja disebar melalui media sosial. Hal itu tentu saja dapat membuat kegaduhn dan mempengaruhi kondusifitas di wilayah tersebut.

“Harapanya di Kota Semarang tetap kondusif. Dan KPU Kota Semarng sebelum melakuakn sebuah kegiatan pasti akan tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Kota,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *