Mahasiswa Sistem Informasi FTIK USM Perkenalkan Aplikasi ERP Open Source ke Pelaku Usaha

SEMARANG (Asatu.id) – Mahasiswa Sistem Informasi FTIK USM memperkenalkan aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) berbasis open-source ke pelaku usaha. Perkenalan aplikasi tersebut dalam rangka memenuhi tugas besar mata kuliah Pemrograman Aplikasi Bisnis.

Koordinator Mata Kuliah Pemrograman Aplikasi Bisnis FTIK USM, Prind Tri Ajeng mengatakan, skala sistem yang besar dan fungsionalitas sistem yang kompleks pada aplikasi ERP menjadi kendala bagi calon pengguna.

“Hal itu terlepas bahwa aplikasi ini sebenarnya gratis,” katanya, Rabu (19/12).

Selain dari sisi akademik, dalam mata kuliah ini mahasiswa juga perlu turun langsung untuk membantu masyarakat dengan memperkenalkan aplikasi ERP.

Sebelumnya, mahasiswa yang dibagi ke beberapa kelompok melakukan wawancara dan observasi terhadap proses bisnis mitra atau pelaku usaha yang dipilih.

Melalui fase tersebut, mahasiswa dapat menganalisa dan memetakan fungsi atau modul yang sesuai dengan proses bisnis mitra atau pelaku usaha dan disesuaikan dengan modul operasi pada aplikasi ERP.

“Langkah ini memastikan proses bisnis dapat terakomodasi pada aplikasi ERP,” jelasnya.

Selanjutnya, mahasiswa mensimulasikan data dan proses bisnis mitra atau pelaku usaha ke dalam aplikasi ERP. Mahasiswa kemudian memperkenalkan dan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi ERP yang telah disimulasikan dengan data yang sesuai ke masing-masing mitra dan pelaku usaha.

Beberapa mitra yang ditunjuk adalah PT Satria Safira Concrete yang bergerak pada jasa produksi cor semen dan penyewaan alat berat, Kharisma Folding Gate yang bergerak pada usaha pembuatan gerbang dan pagar berbahan stainless steel, Planet Ban dan beberapa mitra lainnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *