LRC-KJHAM: Kekerasan Seksual Dominasi Kekerasan terhadap Perempuan

SEMARANG (Asatu.id) – Kekerasan terhadap perempuan merupakan bagian dari pelanggaran hak asasi manusia, di Jawa Tengah sendiri lebih dari 70% kasus kekerasan terhadap perempuan merupakan kekerasan seksual.

Kepala bidang informasi Legal Resources Center untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia (LRC-KJHAM) Witi Muntari mengatakan, dari 311 kasus di Jawa Tengah, 246 diantaranya merupakan kekerasan seksual.

“Data tersebut diperoleh dari monitoring media, namun baru 63 kasus yang melakukan pengaduan dan didampingi oleh LRC-KJHAM,” ujarnya usai pemaparan data kasus kekerasan terhadap perempuan, Selasa (18/12).

Witi menambahkan selain monitoring media, data kekerasan terhadap perempuan tersebut juga diperoleh dari laporan Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) yang tersebar di beberapa Kecamatan pada Kabupaten atau Kota.

“Total 311 kasus di seluruh Jateng, didapatkan dari monitoring media dan pusat pelayanan terpadu dari kecamatan maupun pengaduan langsung ke LRC-KJHAM,” imbuhnya.

Dari paparan data yang diluncurkan LRC-KJHAM, jumlah kekerasan di Jawa Tengah, Kota Semarang menempati posisi tertinggi dengan hampi 60% kasus pengaduan datang dari Semarang, diikuti Kabupaten dan Kota lainnya.

“Tertinggi di Kabupaten atau Kota itu ada di Semarang, diikuti Demak, Kendal, Pati, dan Kabupaten Rembang,” tandas Witi. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *