Peringati Hari Ibu, Ini Pesan Ganjar untuk Bapak-bapak

SEMARANG (Asatu.id) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri rangkaian peringatan Hari Ibu ke-90 tingkat provinsi di Pendapa Kota Magelang, Selasa (18/12). Pada kesempatan itu Ganjar memamerkan keberhasilan program 5NG, Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng.

Ganjar pun meminta kalangan bapak-bapak atau kaum Adam turut menyukseskan program tersebut agar semakin moncer. Diawali dengan hal yang paling sederhana, yakni membantu memperhatikan kebersihan alat reproduksi istri.

Menurut Ganjar, program tersebut berhasil menurunkan angka kematian ibu (AKI) sejak kali pertama diluncurkan pada 2016, bahkan hingga 14 persen per tahun.

Pada 2013, AKI di Jawa Tengah masih mencapai 118,62 per 100 ribu kelahiran hidup. Setahun sejak diluncurkannya program 5NG, yakni 2017, AKI di Jawa Tengah turun menjadi 88,58 per 100 ribu kelahiran hidup. Sementara target dunia (SDG’s) sebesar tiga persen per tahun atau 90 per 100 ribu kelahiran hidup.

“Alhamdulillah program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng berhasil, sudah bisa ditekan dan angka kematian ibu menurun sampai di atas standard SDG’S,” kata mantan anggota DPR RI itu.

Gubernur berpesan agar bapak-bapak juga turut memelototi program kerjanya tersebut dengan meningkatkan kepedulian terhadap istri, khususnya kesehatan organ reproduksi. Sebab, perhatian suami pada istri menjadi titik bagi penting kesehatan perempuan dan penurunan angka kematian ibu.

“Kita memberikan semangat sebagai ungkapan terima kasih pada ibu-ibu kita. Ada yang menarik bagaimana perempuan peduli terhadap alat reproduksinya. Kami sosialisasikan iva test dengan kesehatan reproduksi agar ibu-ibu peduli terhadap diri sendiri, dan bapak-bapak harus mendukung. Spirit itu yang kita sebarkan terus menerus,” kata politisi PDIP itu. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *