Sekda Jateng Sri Puryono Lantik Pengurus KSBN Kendal 

SEMARANG (Asatu.id) – Pengurus Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Kendal periode 2018-2023, dilantik oleh Ketua Umum KSBN Jawa Tengah, Sri Puryono, di Pendapa Kabupaten Kendal, Minggu (16/12).

Dalam sambutannya, Sri Puryono mengajak para pengurus KSBN bersama-sama memajukan dan melestarikan budaya bangsa. Terlebih, Indonesia memiliki beragam seni budaya yang tersebar di penjuru nusantara yang harus dijaga dan kembangkan.

“Beragam pogram kerja KSBN ke depan juga harus kita sesuaikan dengan kearifan lokal yang ada di masing-masing daerah, di setiap daerah potensi potensi budaya yang banyak dan menatik,” kata Sri Puryono, yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Jateng itu.

Pengembangan kebudayaan, menurut Sri Puryono, bukan hanya tentang karawitan, wayang orang, ataupun wayang kulit. Namun kebudayan juga meliputi kebudayaan kuliner dan dolanan anak-anak.

Selanjutnya Sri Puryono meminta para pengurus KSBN yang baru dilantik segera tancap gas menyusun dan mengkaji program kerja lima tahun ke depan. Tidak kalah penting adalah adanya berbagai upaya termasuk masukan-masukan guna membangkitkan seni budaya yang ada.

“Kita lestarikan budaya lokal kita, sebab dalam membangun kebudayaan akan membentuk kearifan kepribadian menjadi budi pekerti yang baik,” pesannya.

Sementara itu, terkait pengembangan budaya yang ada di Tanah Air, Sri Puryono menegaskan, pada 2019 pemerintah pusat akan menganggarkan sekitar Rp 5 triliun untuk sektor kebudayaan secara nasional.

Karenanya seluruh pengurus KSBN diharapkan segera mengadakan rapat kerja internal untuk menyusun program kerja. Termasuk, KSBN Provinsi Jawa Tengah yang meliputi 35 kabupaten dan kota di Jateng. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Ahmad khosyiun berkata:

    Mohon maaf ..mau tanya ..bagaimana syartnya agar sbuah grup kesenian mendapatkn sertivikasi dri ksbn ….

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *