Pemerintah Kota Semarang Ingin Tol Semarang-Demak Jadi Proyek Strategis Nasional

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan, saat ini pihaknya terus mendorong Pemerintah Pusat untk menjadikan proyek jalan tol Semarang – Demak menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Dengan dijadikan Proyek Strategis Nasional nantinya pembangunan tol Semarang-Demak ini akan berjalan dengan cepat, menjadi prioritas pembangunan,” Katanya, Kamis (13/12).

Iswar mengungkapkan, tol sepanjang 24,7 km tersebut nantinya juga difungsikan sebagai tanggul laut yang membentang dari Kaliwungu, Kendal hingga Demak.

“Ini sekaligus ebagai tanggul laut untuk mengatasi rob dan banjir di Kota Semarang,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan tol Semarang-Demak saat ini sedang dalam tahap penetapan lokasi oleh pemerintah daerah.

Menurutnya penetapan lokasi dilakukan ulang karena sebelumnya ada pergeseran rute, dari awalnya di darat, menjadi sebagian dibangun di pesisir pantai. Penetapan lokasi pun didesain ulang sesuai dengan kebutuhan.

“Saat ini untuk tol Semarang-Demak baru tahap penetapan lokasi, mudah-mudahan pada 2019 mendatang jalan tol dapat segera dibangun untuk menanggulangi rob dan banjir,” ungkapnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *