Masyarakat Diminta Waspadai Kondisi Cuaca

SEMARANG (Asatu.id) – Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo mengatakan penanganan banjir membutuhkan respon yang cepat dan langkah-langkah tepat.

Terutama dalam minggu ini, masyarakat diminta waspada terkait kondisi cuaca. Diperkirakan curah hujan menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi, seperti genangan, banjir dan longsor.

“Beberapa hari terakhir menunjukkan mulai tampak adanya aktivitas aliran massa udara dingin dari Asia (Monsun Dingin Asia) yang signifikan sehingga dampaknya mempengaruhi peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia,” ujarnya.

Mulyono mengungkapkan seminggu ke depan diprediksi akan ada aliran massa udara basah yang menjalar dari Barat Samudera Hindia menuju wilayah Indonesia bagian barat yang dikenal dengan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO).

“Interaksi kedua fenomena tersebut dan ditambah tingginya aktifitas gangguan tropis, berupa sirkulasi dan pertemuan angin dapat menyebabkan dan meningkatkan potensi terjadinya hujan lebat dan angin kencang khususnya di jawa dan sumatera,”ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dalam periode seminggu ke depan (10-16/12). (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *