Pantau Aktivitas Merapi, Komisi E DPRD Jateng Sambangi BPPTKG Yogyakarta

SEMARANG (Asatu.id) – Bencana alam yang sulit diprediksi, mengharuskan masyarakat bersama pemerintah dan lembaga-lembaga yang ada bisa saling bekerja sama. Begitu juga dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang ditimbulkan Gunung Merapi yang kini dalam status waspada.

Demi memantau kondisi dan karakter Gunung Merapi saat ini, Komisi E DPRD Jateng berkunjung ke Kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG)  Yogyakarta, Jumat (7/12).

Rombongan dewan diterima oleh Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida dan Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTKG,Agus Budi Santoso bersama jajarannya.

Saat berdialog, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jateng Joko Purnomo mengatakan, status Gunung Merapi atau aktivitas Merapi itu harus menjadi perhatian penting karena kondisi cuaca akhir-akhir ini dirasa mengkhawatirkan. Dan, jika bisa di awasi dan di tanggulangi lebih awal, diharapkan mampu meminimalisir bencana Gunung Merapi.

“Kami di sini ingin mengetahui data-data kondisi terkait aktifitas Merapi saat ini sehingga bisa dilakukan penanggulangan lebih dini, jika terdapat data yang mengkhawatirkan dan bisa menjadi informasi bagi masyarakat Jateng yang ada di sekitar merapi tersebut,” kata Legislator PDI Perjuangan itu.

Menanggapi hal itu, Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaidah mengatakan, selama ini pihaknya telah melaksanakan mitigasi bencana Gunung Merapi dengan mengembangkan metode teknologi, metode instrumentasi kebencanaan geologi, dan mengelola laboratorium kebencanaan geologi. Ketiga metode itu diharapkan mampu meminimalisir bencana Gunung Merapi.

“Dan untuk Jateng sendiri, diharapkan Komisi E DPRD Jateng dapat memberi perhatian bagi masyarakat Jateng yang masuk pada wilayah Gunung Merapi kita ini yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten. Untuk masyarakatnya sebaiknya dipantau,” saran Kepala BPPTKG itu. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *