Hadirkan KPK, Udinus Ajak Mahasiswa Belajar Soal Integritas

Hadirkan KPK, Udinus Ajak Mahasiswa Belajar Soal IntegritasSEMARANG (Asatu.id) – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menyelenggarakan kuliah umum bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung E, Jumat (7/12). Dalam kesempatan itu, kuliah lintas semester tersebut menghadirkan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata yang memberikan materi berkaitan dengan partisipasi masyarakat dalam pemberantasan korupsi.

“Yang perlu kita dorong adalah bagaimana masyarakat itu bisa terlibat aktif. Kadang-Kadang masyarakat apatis, mereka tidak mau tahu, tidak peduli,” ujarnya usai berdialog di hadapan ratusan peserta yang terdiri atas dosen dan mahasiswa Udinus.

Dijelaskan, masalah terbesar pemberantasan korupsi di Indonesia adalah tidak adanya komitmen dan integritas pimpinan.

Padahal, berdasarkan survey yang dilakukan terhadap ribuan kaum profesional dari 4 benua selama 20 tahun telah menunjukkan bahwa karakteristik nomor satu paling kritis bagi seorang pemimpin adalah integritas itu sendiri.

“Integritas adalah fondasi untuk membangun kepercayaan,” tambahnya.

Sementara itu, Marwata melanjutkan, banyaknya kasus korupsi di Indonesia yang sulit diberantas saat ini salah satunya lantaran adanya sikap “remeh-temeh” masyarakat terhadap hukum yang berlaku.

Hal itu pun menurutnya memiliki pengaruh besar terhadap pelanggaran-pelanggaran hukum termasuk Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

“Kita terlalu menolelir adanya pelanggaran-pelanggaran hukum. Kita lebih suka menyelesaikan persoalan-persoalan hukum itu di luar hukum,” terangnya.

Sedangkan, kata dia, untuk memiliki integritas seseorang tidak harus belajar nilai-nilai dari tokoh besar melainkan dapat juga belajar dari tokoh masyarakat yang paling sederhana untuk menjadi seorang yang berintegritas.

“Tokoh yang sangat sederhana itu contohnya Mulyadi, seorang pekerja CS jujur di Mall Kota Kasablanca yang mengembalikan uang Rp100jt,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *