PTN dan PTS Harus Bersaing soal Kualitas

SEMARANG (Asatu.id) – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mendorong seluruh perguruan tinggi agar meningkatkan kualitas pendidikannya. Peningkatan seluruh perguruan tinggi ini diyakni dapat menghilangkan dikotomi antara perguruan tinggi negeri dan swasta.

Pernyataan ini disampaikan Menristekdikti seusai seminar di Gedung Prof Soedarto, kompleks Universitas Diponegoro Semarang, Jumat (30/11). “Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hanya masalah politik. Kualitas perguruan tinggi itu yang perlu diperhitungkan,” kata Mohamad Nasir.

Nasir mencontohkan dalam hal seleksi penerimaan mahasiswa atau pun pegawai, yang ditanyakan ketika mahasiswa sudah lulus adalah masalah kualitas. Untuk itu PTN dan PTS di Indonesia harus bersaing dalam hal kualitas.

Untuk itu, Kemenristekdikti meminta PTN dan PTS agar meningkatkan kualitasnya. Jika perlu, perguruan tinggi bisa Nasir mempublikaskan para dosennya yang bergelar profesor. Demikian pula dengan PTS-PTS yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Perguruan tinggi swasta juga banyak yang masuk 50 besar dalam bidang publikasi riset di Indonesia, contohnya Universitas Bina Nusantara yang menduduki peringkat 12,” tandas Nasir. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *