Tingkatkan Profesionalisme Aparat Komando Kewilayahan, Sukseskan Pemilu Damai

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono mengatakan berkaca dari jalannya Pemilu, baik Pilpres dan Pilkada dalam beberapa tahun terakhir, semua pihak harus mewaspadai terjadinya peningkatan kompleksitas spektrum ancaman terhadap penyelenggaraan Pemilu 2019.

Hal tersebut dikatakannya saat pembukaan Apel Komandan Korem dan Komandan Kodim (Apel Danrem-Dandim) Terpusat tahun 2018 di Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) Kodiklatad, Bandung, Jawa Barat, Senin (26/11).

“Semuanya harus berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan bebas dari kerusuhan, demonstrasi, unjuk rasa yang anarkis, maupun konflik sosial yang dapat membahayakan Kamnas”, tegasnya.

Mulyono menambahkan sinergi dan kolaborasi yang kokoh antara TNI, Polri dan  pemerintah aerah (Pemda) serta elemen masyarakat merupakan suatu prasyarat mutlak yang harus diwujudkan. Dalam pelaksanaannya, dibutuhkan kecepatan serta ketepatan bertindak dari para Danrem maupun Dandim dalam melaksanakan tugas bantuan kepada Pemda dan Polri.

Apel Danrem Dandim Terpusat  tahun 2018 yang mengusung tema “Meningkatkan Profesionalisme Aparat Komando Kewilayahan untuk Menyukseskan Pemilihan Umum Tahun 2019” diikuti oleh 417 orang, selain sebagai wadah silaturahmi, kegiatan ini juga untuk memantapkan pemahaman, penyamaan pola pikir, koordinasi, maupun penjabaran atas kebijakan pimpinan TNI AD, sekaligus melakukan evaluasi atas tindak lanjut permasalahan pembinaan teritorial (Binter).

“Saya mengharapkan para Dansatkowil mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan Apel (Danrem-Dandim) ini sebagai media untuk menyamakan persepsi, pola sikap serta pola tindak aparat komando kewilayahan dalam rangka meningkatkan kualitas Binter TNI AD,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Mulyono menyerahkan bantuan kepada korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala melalui Danren 132/Tadulako  Kolonel Inf Agus Sasmita sebesar Rp 6,5 miliar serta memberikan penghargaan kepada  pemenang  juara Lomba Karya Tulis Teritorial di antaranya juara pertama kelompok Perwira Menengah yaitu Dandim 1602/Ende, Letkol Kav Suteja SH MSi dan kelompok Perwira Pertama yaitu Kapten Inf Th Yosi Wibowo Kristianto  dari Pusdik Passus. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *