Wali Kota Hendi Serahkan 20 Penghargaan pada Hari Guru Nasional

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyerahkan secara simbolis hadiah atau penghargaan dalam upacara memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2018 di Halaman Balai Kota Semarang, Senin (26/11). (Pemkot Semarang/dok)

SEMARANG (Asatu.id) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyerahkan secara simbolis hadiah atau penghargaan kepada 20 siswa/PTK/satuan pendidikan berprestasi SD/SMP/SMA/PNFI Tahun 2018. Penyerahan penghargaan dilakukan pada upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018 di Halaman Balai Kota Semarang, Senin (26/11).

Upacara tersebut diikuti oleh Pejabat Pemerintah Kota Semarang dan ratusan Guru dan tenaga pendidik serta siswa.

Mengambil tema Guruku Di hatiku “Guru Pemacu Transformasi Pendidikan”,  upacara ini juga dimeriahkan dengan penampilan tari kuntul, dolanan egrang, konfigurasi Pramuka, sepeda satu roda dan Guru Semarang Hebat.

Dalam pidato upacara Hari Guru, Wali Kota Hendi membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Beberapa poin penting dalam pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu pertama diucapkan selamat untuk para guru.

“Bapak ibu guru kembali diiingatkan tugas utama seorang guru, yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik,” ucapnya.

Profesi guru lekat dengan integritas dan kepribadian, guru tidak hanya bertugas mentransfer ilmu pegetahuan, tetapi sebagai pendidik yaitu menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya.

Adapun tiga ciri guru professional, yaitu telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik, m ampu membangun kesejawatan, dan mampu merawat jiwa sosialnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *