Peringati Hari Diabetes Sedunia 2018, RSUP Kariadi Gelar Fun Bike

SEMARANG (Asatu.id) – Peringati Hari Diabetes Sedunia  2018, RSUP Dr. Kariadi menggelar kegiatan fun bike bertajuk “Diabetes and Family” start mulai dari lapangan parkir timur Gedung Kasuari, Minggu (25/11).

Kegiatan fun bike ini diikuti oleh Jajaran pimpinan RSUP Dr. Kariadi, karyawan RSUP Dr. Kariadi dan Komunitas Sepeda di Kota Semarang.

Direktur Jenderal P2PTM dr. Anung Sugihantono, M.Kes mengatakan pada lima tahun terakhir ini jumlah penderita penyakit diabetes mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena kurangnya melakukan aktivitas fisik.

“Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar pada tahun 2018, angka diabetes di Indonesia meningkat cukup signifikan dibanding tahun 2013. Adapun beberapa tipe diabetes antara lain diabetes tipe satu maupun diabetes tipe dua,” jelasnya.

Anung menjelaskan adapun faktor yang menyebabkan tingginya angka penderita diabetes di Indonesia antara lain karena kurangnya melakukan aktifitas dan pemilihan makanan atau diet.

“Penanganan penderita diabetes memang agak susah disembuhkan secara total. Namun masih bisa dikontrol melalui perubahan-perubahan perilaku dari penderita dan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut dia, kita harus selalu berolah raga dan melakukan pola hidup yang lebih sehat lagi untuk mencegah penyakit diabetes yang menjadi persoalan masyarakat pada saat ini dan ke depan.

“Kita sudah melakukan skrining melalui Pos Bendul ke semua daerah di tingkat desa supaya menemukan lebih awal penyakit diabetes ini,” tuturnya.

Selain itu, tambah dia, RSUP Kariadi menyediakan fasilitas pelayanan dari tingkat puskesmas sampai tingkat rujukan.(bud)

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. vinska berkata:

    wihh seru banget dong nihh,, tapi kamu tau gak kalo penderita diabetes itu harus hindari beberapa buah? kalo mau tau apa saja buah apa yang harus dihindari kamu harus baca di https://ayobandung.com/read/2020/10/27/146006/penderita-diabetes-harus-waspadai-5-buah-buahan-ini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *