Ajak Warga Peduli Ekosistem Laut FPIK Undip Gelar Fashion Show

SEMARANG (Asatu.id) – Sejumlah mahasiswi berlenggak lenggok menggunakan gaun yang terbuat dari kantung plastik hitam di Car Free Day (CFD) Jalan Pahlawan Semarang, Minggu (18/11).

Fashion show Minggu pagi itu digelar oleh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (FPIK Undip) sebagai bentuk kampanye sosial “Cosmic: Eco Save Makes a Healthy Circle”. Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jateng tersebut bertujuan untuk membuka mata masyarakat jika populasi sampah plastik semakin mengancam ekosistem laut Indonesia.

Suradi Wijaya Saputra selaku Wakil Dekan I FPIK Undip mengatakan, kampanye Cosmic: Eco Save Makes a Healthy Circle ini dilatar belakangi bahayanya sampah plastik yang menumpuk di laut, sampah tersebut sangat sulit untuk terurai bakteri sehingga dapat merusak ekosistem laut.

“Implikasi dari kerusakan ekosistem adalah produktivitas perikanan kita akan menurun. Sehingga konsumsi ikan oleh masyarakat juga berkurang. Implikasi luasnya adalah keseimbangan ekosistem kita akan terganggu,” terangnya.

Untuk itu Suradi mengimbau, pentingnya partisipasi masyarakat dalam membuktikan kepedulian mereka terhadap ekosistem lingkungan, khususnya laut, dari ancaman sampah plastik. Dirinya pun mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian ekosistem laut.

“Kita harus mulai hari ini, dari diri kita sendiri, di lingkungan kita sendiri. Kemudian mengajak masyarakat untuk sadar bahwa plastik sangat membayakan ekosistem di laut. Ajak masyarakat supaya jangan membuang sampah plastik di sembarang tempat,” tutup Suradi. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *