UIN Walisongo Semarang Siap Jadi Universitas Riset

SEMARANG (Asatu.id) – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang siap menuju universitas riset (research university). Kesiapan ini seiring dengan target yang telah dicanangkan, yakni menjadi universitas berkelas dunia (WCU).

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor I UIN Walisongo Semarang Dr Musahadi seusai seminar nasional bertema “Globally Recognized University: Mendesain Universitas Bereputasi Internasional” di Kampus III UIN Walisongo Semarang, Senin (12/11).

Menurut Musahadi, semenjak beralih status dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN), UIN Walisongo telah memantapkan sebagai research university.  Alasannya, era globlisasi menuntut masyarakat untuk mengusai di segala sedi-sedi kehidupan, baik ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, teknologi, hingga pendidikan.

“Tak terkecuali pendidikan tinggi.  Kencangnya arus globalisasi sekarang ini, di mana ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang, menuntut dunia pendidikan untuk bisa mengimbangi semua kemajuan itu,” ujarnya.

Untuk itu, menurut dia, kampus sebagai tempat penggodokan generasi tangguh dan mumpuni, dituntut mampu mengevaluasi dan merancang ulang posisinya sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas peningkatan kualitas lulusannya di kancah internasional.

Dia meminta kalangan perguruan tinggi harus berorientasi untuk mengantarkan kampusnya mendapat pengakuan dunia internasional.

“Sebagai kampus berbasis riset, kami terus mengembangkan tridharma perguruan tinggi dengan meningkatkan kualitas penelitian untuk kepentingan Islam, ilmu, dan masyarakat,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *