Pahlawan, Orang Berbuat Baik Bisa Disebut Pahlawan

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi menyatakan, pahlawan di era sekarang berbeda dengan era perjuangan meraih kemerdekaan. Di era sekarang, sosok mereka adalah orang yang berbuat baik pada sesama, rela berkorban, bermartabat dan bertanggung jawab.

Hal itu ditandaskan Rukma saat menjadi nara sumber utama Dialog Parlemen yang disiarkan berlangsung di Hotel Harris, Jalan Ki Mangunsarkoro, Semarang, Senin (12/11).

Pengertian itu, menurut Rukma, masih relevan sampai sekarang ini. Terlebih bila dikaitkan dengan nilai sejarah bangsa. Pejuang yang telah gugur baik yang tercatat sebagai pahlawan nasional maupun tak dikenal, adalah orang-orang yang mendarmabaktikan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan bangsa.

“Mereka tetap pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur di medan pertempuran dan yang mengonsep negara ini menjadi negara kesatuan,” ucapnya.

Sosok pahlawan untuk era sekarang ini pun, lanjut Rukma, juga demikian. Merekalah, orang-orang yang rela berkorban, memiliki tanggung jawab dan kesadaran sepenuhnya bagi lingkungannya.

Selain Rukma, nara sumber lain adalah Kepala Dinas Sosial Jateng Nur Hadi Armianto dan Guru Besar Undip Prof Dr Singgih Tri Sulistyono.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *