Dede Rosyada: ’World Class University’ Kontestasikan Ribuan Universitas Dunia

SEMARANG (Asatu.id) – Rektor Institut Teknologi Bandung Prof Dr Kadarsah Suryadi DEA, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Dr Dede Rosyada mengatakan world class university merupakan hasil survei lembaga-lembaga independen yang mengontestasikan ratusan atau bahkan ribuan universitas di dunia dalam kriteria-kriteria tertentu.

Hal tersebut dikatakannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan seminar yang  digelar Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang bertajuk Globally Recognized University: Mendesain Universitas Bereputasi Internasional’ di Auditorium 2 Kampus 3, Jalan Profesor Hamka Semarang, Senin (12/11).

“Bahkan QS office akan menyurvei 400 akademisi dunia tentang universitas yang dinilai dalam aspek pembelajaran, penelitian dan publikasi popularitas universitas di mata mereka dalam hal temuan temuan teori dan teknologi baru,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut dia, yang harus dilakukan dalam mempersiapkan world class university ini adalah memperbesar publikasi internasional sehingga para akademisi dapat memperkenalkan kampusnya di kancah dunia.

Seminar nasional tersebut diikuti sekitar 200 orang dari seluruh civitas akademika UIN Walisongo yang terdiri dari pimpinan kampus, guru besar, dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, rektor PTKIS se- Jawa Tengah serta tamu undangan dari perguruan tinggi di Semarang dan sekitarnya.

Seminar tersebut dilaksanakan agar para peserta mendapat gambaran utuh mengenai world class university. Peserta diharapkan dapat menyaring, memetakan, mendesain dan memantapkan strategi UIN Walisongo sebagai salah satu perguruan tinggi Islam berkelas dunia. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *