Pembangunan Dedicated Line Akan Hubungkan Jalur Padat di Kota Semarang

SEMARANG (Asatu.id) – Pemerintah Kota Semarang menjalin kerjasama dengan Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia terkait desain jalur khusus BRT Trans Semarang, Selasa (6/11).

Dedicated line direncanakan menghubungkan jalur padat di kota Semarang, yaitu Jrakah- Pedurungan (perempatan Arteri Sukarno Hatta -Fatmawati) dan jalan Pemuda – jalan Letjen Suprapto. Direncanakan pada tahun 2019 dedicated line dapat diterapkan .

Kepala Badan Layanan Umum Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan menyambut positif rencana pembangunan dedicated line pada Bus Rapid Transit.

“Dedicated Line merupakan standar Pedoman yang harus dimiliki dalam operasional armada. BRT standar merupakan alat bantu praktikal untuk evaluasi koridor BRT yang mengacu kepada implementasi terbaik dengan skala internasional,” ujarnya.

Ade melanjutkan sebuah system dapat dikategorikan Basic BRT jika memenuhi minimal 20 point. Hasil Final score yang dimiliki Trans Semarang adalah 19 point. Sehingga belum dapat dikategorikan sebagai system BRT.

“Selama ini Kota Semarang telah memiliki BRT Trans Semarang namun belum bisa dikategorikan dalam system BRT, karena salah satu indicator belum yaitu memiliki jalur khusus,” ungkapnya.

Ade menambahkan padahal dengan tidak adanya jalur khusus, kendala yang sering dialami antara lain terlibat senggolan maupun kecelakaan dengan kendaraan lain. Selain itu karena kondisi lalu lintas yang masih membaur dengan kendaraan pribadi menyebabkan kedatangan armada sering mengalami keterlambatan terutama pada jam berangkat /pulang kerja dan sekolah.

“Dengan adanya dedicated line diharapkan kedatangan armada bisa on-time”,tutur nya.

Koridor 1 menjadi yang terbanyak mengalami kejadian bersenggolan dgn pengguna jalan lain, karena jalur yang dilalui merupakan Jalur Utama – biasa disebut Pantura.

Jalur utama yang menghubungkan antar Kota di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah. Selama Oktober saja, koridor 1 sudah ada 2 kejadian.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *