Disdikbud Jateng Luncurkan Aplikasi Wasdal Online, Ini Dia Manfaatnya

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah meluncurkan Aplikasi pengawasan dan pengendalian Online (Wasdal Online) Laporan Standar Nasional (SNP) SMA dan SMK Negeri/Swasta di Jawa Tengah, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Rabu (7/11).

Peluncuran aplikasi tersebut sekaligus pelatihan untuk para pengawas SMA dan SMK dalam memanfaatkan aplikasi Wasdal Online untuk melaporkan hasil kerja pengawasan, salah satunya berupa Laporan Ketercapaian SNP pada SMA dan SMK di Jawa Tengah.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulistyo Spd MM mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dalam sambutannya mengatakan, pengawas sekolah sebagai jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan managerial pada satuan pendidikan.

Dijelaskannya, aplikasi Wasdal Online ini sebagai program yang berguna untuk pengawasan dan pengendalian laporan hasil kinerja pengawas SMA, SMK dan SLB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

“Manfaat adanya Aplikasi Wasdal Online ini pertama, mempermudah dan mempercepat pengawas sekolah dalam menyampaikan laporan hasil kerjanya kepada Disdikbud Jateng sebagai instansi induk,” terangnya.

Kedua, lanjut dia, Disdikbud Jateng akan mudah, cepat, efektif dan efisien mendapatkan laporan hasil kerja pengawas sekolah antara lain peta ketercapaian SNP untuk SMA dan SMK baik negeri maupun swasta di Jawa Tengah.
Sementara itu, dalam pelatihan tersebut dilaksanakan pula pembahasan dan penyelarasan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengawas serta Pembahasan Rapergub Jateng tentang Pengawas.

Sulistyo menekankan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) dilakukan oleh Para Pengawas SMA, SMK dan SLB Disdikbud Jateng dibawah bimbingan/arahan dari Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Tengah.
Sementara itu, penyusunan Rapergub Jateng tentang pengawas sekolah melibatkan unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Jateng diantaranya Pejabat dan Staf Disdikbud, Kepala Sekolah Negeri/Swasta, Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS), Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Unsur Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah, dan unsur BKD Prov. Jateng. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *