Belajar Politik, Pengurus OSIS SMP 33 Semarang Kunjungi Gedung Berlian

SEMARANG (Asatu.id) – Gedung Berlian DPRD Jateng di Jalan Pahlawan Semarang, kedatangan lagi tamu puluhan siswa, Senin (29/10). Kali ini 68 pengurus OSIS dari SMP 33 Kota Semarang. Tujuan mereka ingin belajar politik yang ada di rumah wakil rakyat itu.

Dalam kunjungan itu, siswa diterima Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD Jateng, Anantha Aji Wicaksono di Lantai IV.

Dalam paparannya, Anantha Aji menjelaskan, anggota DPRD sekarang ini yang berjumlah 100 orang merupakan hasil Pemilu Legislatif 2014. Selama lima tahun, mereka memiliki tiga tugas yakni legislasi (penyusunan dan penetapan peraturan daerah), budgeting (penganggaran), dan kontrol. Ketiga fungsi tersebut bersinergi dengan eksekutif yakni Gubernur Jateng.

“Peraturan daerah ada bersifat usulan dari pemerintah dan inisiatif dari DPRD sendiri. Pembahasannya dilakukan secara maraton. Termasuk dalam masalah penganggaran pun juga demikian,” ucapnya.

“Pemprov mengusulkan atau merencanakan anggaran daerah untuk kemudian dikaji dan disahkan oleh DPRD untuk digunakan di tahun selanjutnya. Setelah anggaran disahkan dan digunakan, maka perlu ada pengawasan supaya tidak melenceng dari aturan,” tambahnya.

Sejumlah siswa ramai-ramai mengajukan pertanyaan berkisar kedewanan. Ada yang melontarkan pertanyaan perihal syarat pendidikan seorang untuk menjadi anggota DPRD, cara menjadi anggota DPRD. Termasuk syarat penganggaran yang akan disahkan.

Selanjutnya, siswa berkesempatan masuk ruang sidang paripurna. Di ruangan tempat para DPRD memutuskan sebuah peraturan bersama Gubernur, siswa dan guru pendamping melihat serta duduk di ruang sidang. Bahkan guru tampak asyik duduk di podium pimpinan sidang.

“Di podium itu, ada gubernur, ketua, pimpinan sidang dan para wakil ketua. Namun dalam ruangan ini, keputusan ada pada tangan semua anggota DPRD, tidak terpatok pada yang duduk di podium ini,” jelas dia. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *