Jokowi Bilang Begini Saat Bertemu Gus Munif

SEMARANG (Asatu.id) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo usai membuka pertemuan kepala desa dan lurah se-Indonesia di Bali, langsung bertolak menuju Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/10).
Sesampainya di Kota Semarang orang nomor satu di Indonesia ini melanjutkan kunjungan kerjanya menuju Pondok Pesantren (Ponpes) Girikesumo di Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak.
Tepat usai azan Magrib, Jokowi tiba di Ponpes Girikesumo dan langsung disambut oleh pengasuh Ponpes Girikusumo KH Munif Muhammad Zuhri (Gus Munif),  pengurus ponpes serta ribuan santri. Kemudian dilanjutkan dengan shalat berjamaah di Masjid Pondok Pesantren.
Usai shalat berjamaah, Jokowi menuju ke kediaman pengasuh untuk mengadakan pertemuan antara mereka yang berlangsung secara tertutup.
“Saya menyempatkan diri untuk bertemu dengan Gus Munif dan banyak berdiskusi tentang kenegaraan dan kebangsaan. Tadi dapat pesan banyak sekali tapi tidak bisa saya sampaikan secara detail di sini. Beliau menyampaikan pandangan-pandangannya yang menurut saya sangat luar biasa,” katanya saat ditemui awak media.
Terkait Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober besok, saat ini pemerintah berkomitmen terus memberikan perhatian terhadap santri dan ponpes. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya membangun sumber daya manusia Indonesia.
“Yang jelas, kami ingin berikan perhatian kepada pondok pesantren dan para santri dalam rangka pembangunan sumber daya manusia yang akhlakul karimah, memiliki kemampuan dan keterampilan untuk berkompetisi dengan negara lain,” ujarnya.
Jokowi menjelaskan, selama ini pemerintah berfokus kepada pembangunan infrastruktur. Maka pada tahapan selanjutnya, Jokowi ingin berfokus pada pembangunan sumber daya manusia.
“‘Human capital’ sangat penting sekali dalam persaingan global, kompetisi antarnegara. Saya kira dua pondasi itu sangat penting sekali yang bisa mengantarkan negara ini menjadi maju,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *