Dukung Eliminasi TBC, LKC Dompet Dhuafa Kumpulkan CSO Kabupaten Magelang

SEMARANG (Asatu.id) – LKC Dompet Dhuafa melakukan program kerjasama antara Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) DD Jateng dan Aisyiyah dalam Program Eliminasi TBC.

Program tersebut dilaksanakan lantaran eliminasi TBC menuju Indonesia bebas TBC pada 2030 perlu diperkuat, salah satunya dengan kolaborasi antar semua tingkatan dan semua kalangan termasuk swasta dan dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, keagamaan, profesi serta berbagai pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama mengakhiri TBC di Indonesia.

Terhitung selama tiga hari yakni tanggal 18 sampai 20 Oktober mendatang di Hotel Trio Magelang, program tersebut terwujud dalam kegiatan peningkatan kapasitas untuk Staf LKC DD Jateng dan CSO/NGO melalui pelatihan capacity building.

Keterlibatan CSO (Civil Sosiety Organisation) dalam proses perencanaan dan penganggaran menjadi penting untuk menghasilkan pelayanan yang baik dan adil, serta adanya akuntabilitas pemerintah daerah.

Dengan demikian partisipasi aktif masyarakat atau kelompok masyarakat (CSO) perlu didukung dengan kemampuan dan pengetahuan yang memadai agar lebih berdaya dalam melakukan advokasi. Peningkatan kapasitas CSO adalah bagian dari proses advokasi sehingga pelatihan tersebut dimaksudkan agar mampu melakukan advokasi budgeting skill & fundraising.

Melalui kerjasama melalui Program Eliminasi TBC di Kabupaten Magelang tersebut, pihak Dompet Dhuafa berharap dapat mampu menemukan kasus-kasus baru yang selama ini tidak terdeteksi.

“Setelah kegiatan ini, diharapkan ada komitmen bersama dari semua sektor untuk bersama-sama bersinergi dalam program ini,” harap Puji Ambarsari, Koordinator Pendamping Program Eliminasi TBC di Kabupaten Magelang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *