Terpukau Nelayan Jateng, Bupati Manokwari Selatan Temui Gubernur Ganjar

SEMARANG (Asatu.id) – Bupati Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat, Markus Waran, secara khusus menemui Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Gubernur Jateng (Puri Gedeh), Jumat (12/10).

Maksud kedatangan Markus ternyata ingin mengajak Gajar untuk berkolaborasi mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten yang dipimpinnya. Markus mengaku terpukau dengan cerita-cerita kehebatan nelayan asal Jawa Tengah.

Markus menyatakan keinginannya mengembangkan sektor kelautan dan perikanan. Namun jika memanfaatkan nelayan lokal, ia merasa masih belum mencukupi.

“Saya berharap ada kerja sama dengan Pemprov Jateng terkait penempatan nelayan Jateng di kabupaten kami. Kami ingin membentuk Trans Nelayan dengan penduduknya nelayan-nelayan yang hebat dari Jateng, agar dapat berkolaborasi dengan nelayan kami di sana,” kata Markus.

Soal nelayan Jateng, Markus mengakui kehebatannya. Para nelayan Jateng dapat melanglang buana sampai ke sejumlah negara lain seperti Australia, Suriname dan daerah lain untuk menangkap ikan.

Sementara nelayan-nelayan lokal di Manokwari Selatan belum mampu mengoptimalkan potensi itu. Untuk itu, dengan program Trans Nelayan ini diharapkan potensi kelautan dan perikanan Manokwari Selatan dapat terangkat.

“Kami berharap dapat menjadi pilot project pengembangan poros maritim di wilayah Timur Indonesia,” tegasnya.

Kerja sama dengan Jawa Tengah, lanjut Markus, bukan kali ini saja. Sebelumnya ada program transmigrasi di sektor pertanian dan terbukti sukses.

“Banyak petani kami belajar banyak dari para petani asal Jateng dan saat ini sektor pertanian tumbuh pesat. Makanya kami ingin membentuk Trans Nelayan ini untuk mengangkat sektor kelautan dan perikanan,” tandasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *