Jerman Jajaki Kerja Sama Program Pertukaran Pelajar dengan SMA N 5 Semarang

SEMARANG (Asatu.id) – Heinrich-Heine-Gymnasium, Hamburg, Jerman menjajaki kerja sama program pertukaran pelajar dengan SMA Negeri 5 Semarang. Sebanyak 10 siswa Heinrich-Heine-Gymnasium telah belajar di SMA N 5 sejak 9 Oktober lalu yang akan berlangsung selama tiga minggu mendatang.

Sementara itu untuk SMA N 5 Semarang, 19 siswa menempuh studi di Heinrich-Heine-Gymnasium sejak 21 September lalu hingga tanggal 13 Oktober besok.

Vice Principal Heinrich-Heine-Gymnasium, Hamburg, Katrin Dause mengungkapkan, akan ada banyak hal yang nantinya didapatkan oleh para siswa dari dua negara tersebut. Menurutnya, tidak hanya pengetahuan tentang budaya yang dimiliki Indonesia dan teknologi di Jerman, ia yakin para siswa juga akan mendapatkan keuntungan lainnya.

“Saya yakin kita akan mendapat keuntungan yang luar biasa dari keluarga-keluarga singgah yang akan mereka tinggali selama hampir satu bulan di Jerman dan tiga minggu di Indonesia nanti,” ujarnya saat beramah-tamah dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Gubernur, Kamis (11/10).

Katrin menuturkan, pengalaman pertukaran pelajar antara sekolah di Jerman dengan sekolah di Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya menunjukkan ikatan luar biasa  antara siswa Indonesia dengan keluarga singgah di Jerman. Hal itu mendukung adanya beberapa siswa dari Indonesia yang secara kontinu kembali bersekolah di Jerman dan mendapatkan sponsor dari keluarga-keluarga singgah.

“Untuk sekolah kami, ini adalah kesempatan pertama karena empat kesempatan sebelumnya untuk sekolah lain. Kami berharap program ini terus berlanjut dan kami dapat terus mengirimkan murid-murid kami ke Indonesia,” harapnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *