Asfirla Minta Pemerintah Bantu Promosikan Produk Andalan Jateng

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua Komisi C DPRD Jateng Asfirla Harisanto meminta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jateng agar gencar mempromosikan produk-produk andalan Jateng agar dapat menembus pasar nasional maupun internasional.

“Pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Jateng butuh bantuan pemerintah untuk ikut memasarkan produk andalannya. Jika produk mereka yang terjual belum banyak, bukan berarti kualitasnya buruk,” kata Asfirla Harisanto di Semarang, Kamis (11/10).

Asfirla Harisanto yang mencalonkan kembali (caleg DPRD Jateng di Dapil XI/Banyumas-Cilacap) pada Pileg 2019 nanti menyakini promosi secara berkelanjutan atas produk-produk andalan Jateng akan membuat produk semakin dikenal, baik di pasar nasional maupun internasional.

Dengan semakin dikenal produk andalan Jateng, Asfira memastikan omzet penjualkan karya kreatif daerah dapat meningkat tajam, sehingga dapat menambah sektor pendapatan asli bagi pemerintah daerah.

Untuk memantau daya tarik produk Jateng di luar provinsi, pekan lalu, Asfirla Harisanto yang memimpin Komisi C DPRD Jateng menghadiri UKM Jateng Expo 2018 di Samarinda, Kaltim. Dalam pameran yang digelar Dekranasda Jateng pertama kali di luar provinsi itu, Asfirla melihat beragam produk UMKM, seperti kerajinan payung lukis dan batik, mampu menembus pasar internasional, antara lain ke Korea Selatan dan negara-negara Eropa.

“Ini membanggakan karena produk kita diminati di mancanegara,” katanya sumringah menceritakan hasil kunjungannya ke Samarinda itu.

Yang menarik, kata Asfirla, abon yang merupakan menu khas Indonesia ternyata cukup diminati di Russia. Ini terbukti saat dia berkunjung ke Moskow dan beberapa warga lokal mencicipi abon yang dibawanya.

“Saya lihat tadi ada produk abon dari Banjarnegara yang dipamerkan. Jika Dinas memfasilitasi untuk ekspor bagus sekali, karena potensinya cukup besar,” ujar legislator yang akrab disapa Bogy ini.

Politisi PDI Perjuangan ini menilai pameran produk kriya dan fashion Jateng merupakan event yang bagus. Pameran tersebut menunjukkan ke pasar Kaltim bahwa Jateng memiliki berbagai produk unggulan berkualitas bagus. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *