Road Show Bus KPK, Pendidikan Antikorupsi Penting Ditanamkan Sejak Dini

SEMARANG (Asatu.id) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka acara Road Show Bus KPK, Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi, di Balai Kota Semarang, Kamis (11/10).

Dalam sambutannya, Gubernur Ganjar menandaskan, pendidikan karakter dan pendidikan antikorupsi sangat penting ditanamkan sejak dini, agar generasi muda dapat memiliki sikap dan tindakan antikorupsi.

“Guru di Jateng sudah kami minta untuk memasukkan pendidikan antikorupsi di setiap mata pelajaran yang ada. Tidak perlu kurikulum khusus antikorupsi, hanya soal kreativitas bagaimana menjejali pendidikan antikorupsi itu dalam setiap mata pelajaran yang diampunya,” kata dia.

Semua mata pelajaran, lanjut Ganjar, sebenarnya dapat disisipi pendidikan antikorupsi. Misalnya pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, bahkan pelajaran Fisika ataupun Kimia juga dapat dipadukan dengan pendidikan antikorupsi.

“Kenapa kami dorong dunia pendidikan, karena pendidikan adalah tempat edukasi yang paling penting dan secara formal setiap hari ada,” tegas mantan anggota DPR RI ini.

Ganjar juga mengapresiasi langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melakukan inovasi dalam pembelajaran dan kampanye antikorupsi kepada masyarakat melalui Road Show Bus KPK ini. Acara semacam itu sangat bagus untuk menanamkan nilai-nilai antikorupsi sejak dini kepada masyarakat secara menyenangkan.

“Ada kegiatan bermain, simulasi, hiburan dan semua hal terkait pendidikan antikorupsi. Diharapkan dengan kegiatan ini akan muncul tindakan dan membangun kesadaran masyarakat terkait antikorupsi,” tambahnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *